Wednesday, January 13, 2010

50 Robot Karya Mahasiwa Bertarung di UGM


Tidak mau kalah dengan negara-negara lain, perkembangan robot di Indonesia semakin maju. Kompetisi-kompetisi robot terus digalakkan. Salah satu kompetisi robot yang bergengsi di Indonesia adalah Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontes Robot Indonesia (KRI) yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi regional III yang meliputi Kalimantan, DIY, dan Jawa Tengah. Acara yang berlangsung di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM pada hari Rabu (13/5) melombakan 50 robot.

Acara langsung dibuka oleh Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti, Prof. Dr. Ir. Suryo Hapsoro. Prof. Suryo mengatakan bahwa Dikti akan terus mendukung ajang kretifitas dan inovasi yang dilakuakn anak bangsa.

“Kita memang memberikan perhatian terhadap pembinaan kreativitas mahasiswa Indonesia karena bangsa Indonesia ke depan memerlukan calon pemimpin yang berpikir kreatif dan inovatif,” tandasnya. (dikutip dari web UGM)

Para dewan juri diambil dari para pakar dibidangnya yang berasal dari ITB, ITS, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), UI, dan UGM.

Dalam kompetisi ini, dibagi menjadi dua kategori yaitu Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontes Robot Indonesia (KRI). Terdapat 13 tim peserta KRI dan 37 tim peserta KRCI. KRCI terbagi dalam empat divisi, dengan perincian 10 tim peserta untuk expert battle, 6 tim untuk expert single, 6 tim untuk berkaki (legged), dan 16 tim untuk beroda (wheeled).

Para jawara dari kontes robot di regional III ini akan kembali bertarung di tingkat nasional. Ma-Suk

sumber=>>>> goggle.com

0 comments: