Wednesday, January 13, 2010

Robot Lokal Akan Unjuk Kebolehan Di Pekan Produk Kreatif


Jakarta - Mau lihat Robot buatan lokal? kunjungilah gelaran ajang pekan produk kreatif Indonesia (PPKI) 2009. Sejumlah robot tim buatan anak bangsa yang diwakili oleh Universitas Komputer Bandung akan unjuk kebolehan.

Hal ini disampaikan oleh Menko Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie yang juga selaku Ketua PPKI 2009, di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat (26/6/2009).

"Akan ada peragaan produk robot karya Universitas Komputer Bandung, yang meraih medali emas 2009 di San Fransisco," kata Aburizal.

Robot yang ditampilkan itu adalah Robot DU 114 yang merupakan kependekan kata dari Dipati Ukur 114 yang merupakan alamat Univeritas Komputer Bandung. Robot ini merupakan inovasi yang bisa memadamkan api, dengan kemampuan mencari titik panas api.

"Ada 860 stan peserta PPKI, yang semua biayanya (stan) ditanggung oleh pemerintah," jelasnya.

Selain produk robot yang dipamerkan, ada juga produk game online buatan karya anak bangsa yang mengambil epik majapahit, dimana game ini akan memanjakan para penggunanya menerawang ke kehidupan zaman kerajaan Majapahit tempo dulu.

Ada juga beberapa pameran produk laptop murah yang merupakan hasil karya SMK di Indonesia. Selain itu juga akan berkumpul banyak pencipta lagu, asosiasi film, prosden film dan gelaran karya kerajinan.

Dalam gelaran PPKI 2009 yang berlangsung sejak 25-28 Juni 2009 di JCC Jakarta, dengan tiket masuk gratis.

Setidaknya terlibat 14 lembaga pemerintah termasuk kementerian dan departemen, untuk mengusung tema 'Menjadikan Budaya dan Teknologi Sebagai Basis Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia'.

Kegiatan utama PPKI antara lain pameran konvensi dan gelar budaya yaitu akan ditampilkan karya terbaik anak bangsa, dibidang animasi, software , publishing , printing , desain film, musik dan lain-lain. Digelar juga kegiatan konvensi seperti seminar, lokakarya, dialog dan lainnya. Ada pergelaran budaya seperti tarian-tarian, musik daerah, teater, peragaan busana, pemutaran film dan lain-lain.
by=gooogle

0 comments: